-->

Ads 720 x 90

Rooting dan Istilahnya

androidanroot.blogspot.comRooting mungkin sering kita dengar, namun jarang kita lalukan, sebenarnya apa sih Rooting itu, bagai mana caranya, apa fungsinya dan apa dampaknya, nah kali ini saya akan mengulas tentang Rooting ini dari aplikasi yang di gunakan dan fungsi nya.


Apasih Rooting ini ? Rooting adalah proses di mana penguna bisa menjadi admin dari perangkat itu sendiri, apakah Rooting bisa di lakukan pada semua Android? ya hampir bisa di lakukan pada semua Android, Namun dengan resiko yang kita tangung sendiri, mengapa Rooting di lakukan.


Rooting adalah di mana kita bisa melewati batas dari ketentuan dari produsen yang membatasi perangkat kita, terutama adalah aplikasi bila tidak bisa di instal pada android setelah melakukan Rooting maka perangkat kita bisa menginstal aplikasi ini, sebagi contoh adalah aplikasi yang sedang ramai di bicarakan yaitu BBM, yang tidak bisa di instal pada Android versi 2,3 gingerbread, nah setelah melakuakan Rooting aplikasi BBM sudah bisa di Instal ke dalam perangkat kita.


Lalu apa resiko dari Rooting tersebut, setiap tindakan pasti akan ada akibatnya, baik dan buruk dlam melakuakn sesuatu hal harus di pertimbangkan matang matang, dalam melakukan Rooting  ini ada kemungkinan gagal dan juga bisa mengalami hang, dalam melakukan proses Rooting  ini, dan lebih buruknya lagi adalah perangkat kita tidak bisa di gunakan sama sekali, jadi pertimbangkan dulu sebelum melakukan Rooting namun kemungkinan ini kecil, jarang yang gagal apa bila melakukan sesuai dengan petunjuk.

Lalu apakah melakukan Rooting  itu Legal ? jawaban yang masih belum terjawab, kenapa ? ada yang bilang legal dan ada pula yangbilang ilegal, namun saya sendiri melalukanya dan saya anggap legal, kenapa, bukankah Android adalah open-source, dari pihak Google sendiri yang menciptakan.

 Android sebagai platform yang memang di sengaja supaya orang lain melakukan pa yang mereka bisa dengan resiko sendiri jadi dari sini sudah jelas bahwa malakukan Rooting sah saja, namun tidak bagi distributor perangkat itu sendiri mereka akan menghanguskan garansi bila terbukti melakukan Rooting tersebut.

Namun sebelum melakuan Rooting sebaiknya anda  mengetahui istilah yang sering di sebutkan atau istilah dalam Rooting.

Rooting : Rooting berarti Anda memiliki akses root ke perangkat Anda - yaitu , dapat menjalankan perintah, dan memiliki hak istimewa yang memungkinkan untuk menjalankan aplikasi seperti Wireless Tether atau SetCPU. Anda bisa  menginstal aplikasi Superuser  atau dengan flashing custom ROM yang mencakup akses root .


ROM : Sebuah ROM adalah versi modifikasi dari Android  Ini mungkin berisi fitur tambahan, tampilan yang berbeda,  tambahan kecepatan , atau bahkan versi Android yang belum dirilis untuk telepon anda.


Kernel : Kernel adalah komponen dari sistem operasi Anda yang mengelola komunikasi antara perangkat lunak dan perangkat keras . Ada banyak kustom kernel di luar untuk sebagian besar ponsel , banyak yang dapat mempercepat kinerja telepon Anda dan meningkatkan daya tahan baterai Anda, namun Hati-hati dengan kernel ini, kesalahan kecil dengan sysem ini menyebabkan masalah serius dengan telepon dan malah tidak bisa di gunakan

Radio: Radio merupakan bagian dari firmware smartphone anda Radio Anda mengendalikan data seluler Anda , GPS, Wi - Fi, Bluetooth Anda kadang-kadang dapat menemukan radio kustom untuk telepon Anda yang dapat Anda flash sendiri, tapi hati-hati karena terkadang ini bisa menimbulkan masalah pada perangkat anda

Flash : Flashing  berarti menginstal sesuatu pada perangkat Anda, apakah itu ROM , kernel , atau pemulihan  Biasanya  dalam bentuk file ZIP . Kadang-kadang proses rooting memerlukan flashing file ZIP , kadang-kadang tidak  tergantung dari perangkat yang ingin di Rooting.

Brick : Istilah ini di gunakan untuk perangkat yang diam atau tidak berjalan  selama flashing atau tindakan lain,   Selalu ada risiko kecil dalam melakuan Roting, anda harus bnar benar melihat dan belajar, biasanya waktu 'Brick' ini adalah waktu yang sangat menegangkan, karena menunggu saat keberhasilan dan kegagalan.

Bootloader : bootloader adalah tingkat terendah dari perangkat lunak pada telepon Anda, menjalankan semua kode yang diperlukan untuk memulai sistem operasi Anda. Kebanyakan bootloader terkunci, yang berarti Anda tidak dapat melakukan flash pemulihan kustom atau ROM. Unlocking bootloader Anda tidak membuat mati telepon Anda secara langsung, tapi itu tidak memungkinkan Anda untuk root.

Restore : Restore adalah software pada ponsel Anda yang memungkinkan Anda membuat backup, flash ROM , dan melakukan tugas-tugas sistem lainnya,  Pemulihan default pada ponsel Anda sama seperti kembali pada setelan awal saat anda membeli ponsel anda dari toko, ini biasanya di lakukan saat tidak sukses melakukan Rooting.

Nandroid : Aplikasi pihak ketiga yang dapat membuat backup dari ponsel Anda disebut backup nandroid. Ini dasarnya image sistem telepon Anda  Semuanya persis seperti sebelum anda apa apakan perangkat anda, jika Anda melakukan  flash sesuatu yang menghancurkan telepon Anda, Anda bisa melakukan flash kembali mengunakan backup nandroid terbaru Anda untuk mengembalikan kembali normal. Hal ini berbeda dengan menggunakan aplikasi seperti Titanium Backup yang hanya mem-backup aplikasi dan / atau pengaturan - nandroid backup seluruh sistem menjadi satu image.

ADB : ADB adalah singkatan dari Android Debug Bridge, ini adalah perintah untuk komputer Anda supaya dapat berkomunikasi dengan perangkat Android Anda yang sudah terhubung. Ini bagian dari Kit Android Software Developer ( SDK ) biasanya ini untuk melakukan perintah dari komputer ke dalam perangkat kita sedang di Rooting.

Itu adalah sebagian dari sebutan yang sering kita dengar atau di baca untuk istilah istilah yang lain masih ada lagi seperti RUU , SBF , dan OPS : ROM upgrade Utilitas pada ponsel HTC , Boot Sistem File pada ponsel Motorola , dan OPS dan file PIT untuk ponsel Samsung mereka punya istilah istilah sendiri dan masih banyak lagi yang lain nya yang tidak di sebutkan.

Sampai sejauh ini apakah anda masih berniat melakukan Rooting ponsel kesayangan anda, atau masih ingin lebih tau dengan ponsel anda yang masih belum paham, beberapa media online banyak yang melakukan share cara melakuan Rooting, dari berbagai merk handphone salah satu  Forum XDA Developers, forum ini adalah forum yang bagus untuk mencari tau tentang Rooting Ponsel anda.

Masih ada beberapa yang bisa menjadi acuan anda dalam melakuakan Rooting Forum Phandroid,RootzWiki, CyanogenMod  silahkan anda mencari tau apa saja di situ, dan belajar tentang perangkat anda dan cara melakukan Rooting.

Bagaimana melakukan Rooting berikut ini adalah aplikasi yang biasa untuk melakukan Rooting dan silahkan di pilih berdasarkan kemampuan melakukan Rooting.
Kerist
Halo...
Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter